Senin, 26 November 2012

Komunikasi


Mungkin sebagian besar dari kita-kita udah ga asing lagi sama yg namanya komunikasi (yaiyalah, forever alone namanya kalo ga pernah komunikasi). karena gua mahasiswa jurusan ilmu komunikasi sedikit banyak gua akan menjelaskan apa itu sebenarnya komunikasi sendiri. komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator (yg menyampaikan pesan) ke komunikan (yg menerima pesan). pada umumnya komunikasi dilakukan secara verbal seperti bertatap muka, berbicara melalui sosial media seperti facebook, twitter, friendster (yg satu ini mungkin sudah uzur atau bahkan sudah tamat riwayatnya) dll. apabila komunikator atau komunikan tidak mengerti komunikasi secara verbal bisa juga dilakukan secara non verbal menggunakan bahasa isyarat seperti menganggukan kepala, tersenyum, menggelengkan kepala, jungkir balik, koprol, salto (yg 3 terakhir bisa dipraktekan sesuai keahlian masing-masing).

komunikasi mempunyai komponen-komponen yang nantinya akan membuat komunikasi berlangsung dengan baik, menurut Harold D. laswell komponen komunikasi adalah:
  • Komunikator: adalah yg menyampaikan pesan
  • Pesan: isi maksud pesan yg akan disampaikan ke penerima pesan
  • Channel: media dimana pesan itu disampaikan contoh (telepon, Hp, sosial media)
  • Komunikan: adalah yg menerima pesan
  • Feedback: tanggapan si penerima pesan terhadap pesan yg disampaikan komunikator
  • Noise: gangguan yg terjadi dalam proses komunikasi disebabkan pesan yg diterima komunikan berbeda dengan pesan yg disampaikan komunikator
oh iya sampe lupa ngejelasin sejarah komunikasi -_-
komunikasi itu sendiri berasal dari kata communis yg berarti sama, sederhananya komunikasi dapat berlangsung dengain baik apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan yg menerima pesan itu sendiri. walaupun komunikasi dipelajari sudah sejak lama pada abad ke 20 komunikasi menjadi penting karena pertumbuhan komunikasi dianggap sebagai penemuan yang "wah".

mungkin agan-agan sudah ada yg lebih pro dalam masalah komunikasi, ane hanya berbagi ilmu ke agan-agan sekalian walaupun belum sepenuhnya, terima kasih maklum masih newbie hehe :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar